Page Nav

HIDE
GRID_STYLE
FALSE
FADE

Left Sidebar

TO-RIGHT

Breaking News

latest
Ads

Pembukaan Vaksinasi Covid-19 Terhadap Personel Polda Papua, Ini Pesan Kapolda Papua

Irjen Pol Mathius D. Fakhiri S.IK (Kapolda Papua) KOMPAS.PAPUA - Pembukaan kegiatan vaksinasi Covid-19 terhadap personel Polda Papua resmi ...

Irjen Pol Mathius D. Fakhiri S.IK (Kapolda Papua)

KOMPAS.PAPUA - Pembukaan kegiatan vaksinasi Covid-19 terhadap personel Polda Papua resmi digelar pada hari Kamis (18/03/21) yang bertempat di Aula Rupatama Polda Papua.

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri S.IK., memimpin langsung kegiatan tersebut dan didampingi oleh Wakapolda Papua, Brigjen Pol. Dr. Eko Rudi Sudarto S.IK., M.Si., serta Kabid Dokkes Polda Papua, Kombes Pol dr. Nariyana M.Kes.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Irwasda Polda Papua, Kombes Pol. Alfred Papare, Karo Ops Polda Papua, Kombes Pol Jeremias Rontini S.IK, serta Pejabat Utama Polda Papua dan perwakilan masing-masing Satker Polda Papua.

Dalam sambutannya, Kapolda Papua mengatakan bahwa keberadaan Covid-19 yang semakin merajalela dan sudah lebih dari satu tahun di Indonesia, itelah melemahkan sendi-sendi kehidupan masyarakat.

"Sebagai bangsa pejuang, kita tidak boleh cepat menyerah dalam menghadapi permasalahan dan tantangan yang ada," pesan Kapolda.

Ditambahkan Kapolda bahwa salah satu bentuk penanganan kesehatan yaitu dengan melakukan Vaksin Covid-19, dan Presiden Joko Widodo menargetkan hingga maret 2021 ini sebanyak 29,55 dosis Vaksin sudah terdistribusi di semua daerah. Di Papua pada tanggal 4 Januari 2021 sebanyak 14.680 dosis Vaksin Covid-19 jenis Sinovac telah tiba dan langsung di simpan di ruang penyimpanan khusus di dinas kesehatan Provinsi Papua.

Lanjut Kapolda Papua, dengan sudah adanya Vaksin Covid-19 ini, saya sangat berharap masyarakat Papua dan pada khususnya anggota Polri dan ASN Polri di wilayah hukum Polda Papua dapat memahami dengan baik dan benar. Persepsi yang positif serta tidak terpengaruh dengan sebaran berita di media sosial yang tidak bertanggung jawab, dan bapak presiden pun sudah memberi contoh dengan penerima Vaksin pertama pada tanggal 14 Januari 2021.

"Sampai dengan bulan Maret 2021, data anggota Polri dan ASN di Polda Papua yang berstatus kontak erat sebanyak 836 anggota, suspect 135 anggota dan terkonfirmasi Covid-19 234 personel, dengan data meninggal karena covid-19 sebanyak 7 personel,” demikian beber Kapolda Papua.

Lanjutnya, bahwa sesuai dengan perintah Kapolri kepada sejumlah Kapolda baru yang resmi dilantik di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, pada hari kamis tanggal 4 Maret 2021, yaitu cepat melakukan 3T, yakni Testing, Tracing, dan Treatment dan 3M Memakai Masker, menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan. kemudian, memastikan jajaran dapat melaksanakan 3T dan 3M dengan baik.

Disamping itu, tutur Kapolda, akan diberikan reward bagi anggota yang telah berhasil melakukan upaya dalam merubah zona merah menjadi zona hijau. Menjalin komunikasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Fokopimda) dalam penanganan Covid-19 dan upaya itu dinilai mampu menurunkan kasus Covid-19 di tanah air. Selalu mengawal program vaksinasi nasional yang sedang berlangsung. selain itu, membantu pemerintah mengawal program pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi.

“Saya sebagai Kapolda Papua akan selalu mendukung semua kegiatan yang berhubungan dengan pencegahan dan penanganan Covid-19 dan mewajibkan kepada seluruh anggota Polri dan ASN Polri di wilayah hukum Polda Papua untuk menerima vaksin Covid-19 dan aktif mendukung kegiatan Vaksinasi ini,” demikian tutup Kapolda Papua.

Mengenai anggota yang tidak mau di suntik Vaksin maka tugas Kabid Propam Polda papua untuk menangkap dan tetap melaksanakan suntik Vaksin.

Kabid Dokkes Polda Papua menegaskan dalam sambutannya bahwa kegiatan Vaksinasi Covid-19 Personel Polda Papua dilaksanakan dengan dasar Keputusan Presiden No 7 tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Ditambahkannya bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan Vaksin Covid-19 pada PNPP di Polda Papua dan jajaran untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. "Pelaksanaan vaksinasi sudah dimulai sejak 19 Januari 2021 sampai dengan selesai, diawali di RS. Bhayangkara Jayapura serta target jumlah personel 11.493 ditambah BKO Polda Papua," ungkapnya.

Kabid Dokkes, dokter Nariyana, juga membeberkan bahwasanya pelaksanaan vaksinasi tersebut terselenggara berkat kerjasama dan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kota/Kabupaten Seprovinsi Papua, serta Kapolres/ta jajaran Polda Papua. 

"Adapun tempat-tempat pelaksanaan vaksinasi berada di Mapolda Papua, Biddokkes Polda Papua, RS. Bhayangkara Jayapura dan Urkes jajaran Polda Papua (Poliklinik Polres). Sedangkan anggaran yang digunakan menggunakan dipa Biddokkes Polda Papua," demikian tutup Kombes Pol dr. Nariyana M.Kes., selaku Kabid Dokkes Polda Papua. (Red)

No comments