Page Nav

HIDE
GRID_STYLE
FALSE
FADE

Left Sidebar

TO-RIGHT

Breaking News

latest
Ads

Hal Lain Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Skouw, Perbatasan NKRI dengan PNG

Dimasa pemerintahan Presiden Jokowi memang terlihat bahwa pembangunan lebih banyaknya diarahkan ke daerah perbatasan. Salah satu diantaranya...

Dimasa pemerintahan Presiden Jokowi memang terlihat bahwa pembangunan lebih banyaknya diarahkan ke daerah perbatasan. Salah satu diantaranya adalah Skouw Yambe, sebuah kampung di distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua.
KOMPAS.PAPUA.COM - Skouw terletak di ujung timur Kota Jayapura, tepatnya di wilayah Perbatasan Negara Indonesia dan Negara Papua Nugini (PNG). Perjalanan darat ke Skouw memakan waktu sekitar 1 jam 28 menit dengan jarak tempuh 54,6 km dari Pusat Kota Jayapura.

Konon katanya, kampung Skouw dulunya gersang dan panas, sehingga banyak warga yang lebih memilih untuk pindah ke Jayapura dibandingkan tinggal lama di Skouw.

Namun sekarang pemandangan tersebut seperti sudah di sulap menjadi sangat indah dan menawan. Selain bangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang terlihat megah dan unik, ada juga gerbang perbatasan yang sangat kokoh disini. Perubahan ini akhirnya mengundang penduduk asli maupun wisatawan banyak berkunjung disini.

Itu sebabnya, jika Anda ingin refresing sekedar bersantai ria, tempat ini bisa dijadikan pilihan. Apalagi buat para lelaki yang mata keranjang, tempat ini cocok buat cuci mata. Orang Papua bilang perem-perem pucuk dan paku halus tahambur disini... hehehe

Satu hal lagi bahwa letak Skouw Yambe juga berada di pesisir pantai yang merupakan tepian dari Samudra Pasifik, sehingga kawasan ini kemudian dijadikan tempat konservasi penyu.

Nah, bagi Anda pencinta penyu, tentu Anda bisa melihat beberapa jenis penyu disini. Seperti Penyu Lekang (Lepidochelys olivacea), Penyu Hijau (Chelonia mydas), Penyu Belimbing (Dermochelis coriaceae), Penyu Pipih (Natator depressus), Penyu Tempayan (Caretta caretta), dan ada juga Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata).

Sekedar diketahui bersama bahwa pada tanggal 16 juni 2017 telah didirikan Tugu Konservasi Penyu tepat di jalan menuju tempat konservasi. Adapun pantai tempat konservasinya berada sekitar 10 km dari tugu konservasi, agak jauh dari pemukiman warga kampung Skouw Yambe. Bagaimana? Menarik bukan? (Red).

No comments